Rabu, 07 Oktober 2009

membuat rekaman sederhana

Membuat recording sederhana



Dalam artikel yang saya buat kali ini saya akan membahas tentang cara membuat rekaman lagu dengan menggunakan software cooledit pro dan fl studio. Software tersebut dapat di beli di toko2 cd software di mana saja. Rekaman menggunakan software tersebut bagi saya sangatlah mudah di bandingkan software2 recording lainnya.
Dengan cool edit kita dapat merekam suara menggunakan mic, gitar, keyboard, dan alat input lainnnya. Dan juga kita bisa mengedit lagu , memotong durasi lagu dengan format mp3,wav,mid , dll. Membuat sebuah lagu dengan cool edit biasanya memerlukan bantuan software lainnya seperti software yang saya pakai adalah fl studio5 . berikut adalah langkah – langkah membuat lagu menggunakan software cooledit pro dan fl studio.

Install terlebih dahulu Jika belum ada program cool edit pro dan fl studio5. jika sudah terinstal , siapkan alat – alat yang di perlukan untuk rekaman. Seperti alat yang saya pakai adalah:

- Gitar
- Jack gitar
- Jack sambungan untuk ke sound card
- Gitar bass
- Mic
- Keyboard

Jika sudah siap alat2 yang di perlukan langkah selanjutnya buka program cool edit. Maka muncul tampilan programny




Kemudian masukan jack gitar ke dalam sound card dan ke jack gitar anda. Setelah itu untuk memastikan suara gitar sudah terinput lihat pengaturan recording dengan klick kanan icon sound pada pojok bawah kanan, pilih Recording devices. untuk mengatur volume suara rekaman sesuai keinginan anda, pilih Line in , klick menu level dan atur volume sesuai keinginan kita.



Buka kembali program cool edit lalu pilih tools R untuk merekam , ubah nama track1 dengan nama Gitar karena yang pertama kali kita rekam adalah suara gitar. Contoh tools nya adalah:




Kemudian atur tempo sesuai keinginan anda , toolsnya ada di pojok bawah kanan program cool edit.


Kemudian rekam suara gitar tersebut dengan pilih Record dengan icon bewarna merah, kemudian play dan mulailah memainkan gitar sesuai lagu yang anda ciptakan.


Lakukan hal sama untuk merekam alat input yang lain seperti keyboard, gitar bass, mic.
Sehingga terekam semua s

Tetapi untuk membuat drum kita buat dengan menggunakan program fl studio5. jika sudah terinstal programnya , buka program tersebut.

Langkah awal membuat drum midi yaitu dengan memilih tools FPC yang berada di sebelah kiri, kemudian pilih suara – suara drum yang ingin anda buat, klick kanan dan pilih open in new channel untuk membuat channel baru,

Klick kotak - kotak suara simbal drum tersebut dan atur tempo sesuai keinginan anda, lakukan langkah ini untuk membuat suara – suara simbal drum yang lain.

Jika sudah selesai save file tersebut dengan exstensi *.wav. kemudian simpan di folder yang anda inginkan. Lihat kembali program cool edit, kemudian pilih track yang masih kosong untuk meletakan suara drum yang kita buat tadi. Klick kanan track kosong tersebut, pilih insert , kemudian wave from file. cari file yang tadi anda simpan ,


Jika sudah di input, buat lagi suara drum sesuai keinginan anda kemudian lakukan langkah yang sama .


Jika sudah selesai, save session file tersebut , jika ingin di buat menjadi *.mp3 pilih menu file – save mixdown as – pilih *.mp3. maka rekaman lagu anda dapat di jalankan dengan program winamp, dan program mp3 lainnya. Selamat mencoba.


Untuk informasi lebih lanjut hubungi ke email saya ivandbs@yahoo.com . dan buat kalian yang punya lagu sendiri dan ingin rekaman bisa juga hubungi email saya. Hasilnya lumayan kok buat di dengerin sendiri. Harga juga murah kok gak semahal di studio rekaman yang 1 shiftny 300 – 400 ribu. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar